Senin, 04 Januari 2010

PESAN TAHUN BARU 2010 VANUATU

 





Coalition for Liberation (WPNCL)
Secretariat, c/o: WPPRO, P.O. Box 1571, Port Vila, Republic of Vanuatu,
+ 678 5540090 or +678 7751659, E-mail: rexruma@hotmail.com;
awulkeweng@yahoo.com; morningstar@vanuatu.com.vu

Pesan Tahun Baru


Pembunuhan atas Jeneral Kelly Kwalik Tidak akan Pernah Meremehkan Dialog Damai


Kepada saudara-saudara sebangsa dan senasib ,dan para pejuang kemerdekaan yang berada dimana saja.

Kami atas nama kepimpinan West Papua National Coalition for Liberation (WPNCL), kami  menyampaikan Selamat Tahun Baru semoga Tuhan memberkati Tanah Papua dan rakyatnya yang kini sedang berjuang demi kemerdekaannya.

Pembunuhan terhadap Pemimpin Besar  dan pejuang sejati, Jeneral Umeki Kletus Kulalok Kwalik yang sering dikenal sebagai Kelly Kwalik, Panglima Tertinggi Angkatan Bersenjata Papua Barat yang dikenal dengan nama: Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat dari OPM tidak akan meredahkan prakasa dialog damai proses mana telah diambil di Papua dan Indonesia. Malahan sebaliknya. Keguguran Almarhum akan lebih dorongan kedepan perundingan damai ketingkat yang lebih tinggi. Kita menghargai Almarhum atas jasa-jasa yang besar kepada proses dialog damai khususnya dan pengorbannya termasuk mempertaruhkan nyawanya demi terciptanya Papua Baru yang damai, bebas, adil dan makmur dikemudian hari.

Almarhum gugur pada tanggal 16 December 2009 di Timika dalam satu tembak-menembak senjata antara Kekuatan Polisi yang bekerja sebagai Kesatuan Keamanan pada Freeport MacMoRan. Sebagai patriot bangsa yang sejati, Almarhum menjadi pahlawan bangsa Papua Barat. Namanya akan selalu diingati dalam sejarah bangsa  Papua Barat dimasa-masa yang akan datang.Walaupun dia telah pergi, tapi apa yang dia wariskan akan selalu dikenangkan dan tinggal bersama kita setiap saat. Dalam kata-kata dan perbuatan-perbuatannya, Almarhum selalu berdiri tegak pada dua prinsip dasar perjuangan:

 “Mari kita bersatu dalam tubuh kita sendiri: Almarhum memberikan dukungan penuh dan mendorong kedepan persatuan dan kesatuan didalam semua kelompok perjuangan Papua barat; Alm. Juga secara aktif mendorong kedepan dialog damai sebagai salah satu alternative yang terbaik untuk mengakhiri penderitaan rakyatnya”.

Dilandasi oleh makna dari jiwa ini, pertemuan rekonsiliasi baru  dari pemimpin-pemimpin organisasi-organiasi perjuangan bangsa Papua Barat akan diadakan dalam pertengahan tahun ini dengan tujuan untuk mempersatukan persepsi yang berbeda and mendiskusikan strategi-strategi perjuangan dimasa depan. Mari silahkan datang dan bersama kita. Memperkuat moto kita bersama: “Bersatu kita akan kuat, bercerai kita akan lemah” dijiwai oleh Moto nasional: “One People, One Soul”(Satu Bangsa, satu Jiwa).

Kami menyakinkan semua bahwa satu Kelly Kwalik sudah ditembak mati oleh musuhnya, tetapi ratusan ribu Kelly Kwalik akan bangkit, bahwa aspirasinya tidak pernah mati, melainkan sebaliknya, inspirasinya akan selalu bertumbuh kuat mendorong tercapainya tujuan utama perjuangan bangsa Papua Barat.

Selama 37 tahun perjuangan yang adil, Almarhum mempunyai kenekatan penuh  untuk berjuang sampai titik darah terakhir, bahkan rela mengorban dirinya,  demi kebanggaan bangsanya. memperjuangkan kemerdekaan penuh bangsa Papua Barat. Sebagai anggota inti dalam WPNCL, Almarhum juga secara aktif mempromosikan Perundingan Damai sebagai salah satu alternatif terbaik untuk mengakhiri penderitaan rakyatnya. Atas alasan ini,Almarhum tidak pernah berjuang atau mendukung untuk Otonomi Khusus sebagaimana para musuh-musuhnya menerka pada belakangan ini.

Almarhum gugur  sebagai akibat permainan  kotor yang dipermainkan oleh tentara dan polisi pendudukan bekerjasama dengan kaki tangan milisia setempat dan musuh dalam kelambu. Pembunuhan ini adalah satu tindakan kriminal melanggar hak-hak kemanusian. Kita harus mengutuk tindakan kriminal yang demikian terhadap pendorong perundingan damai di Papua Barat. Pihak-pihak kriminal ini harus  bertanggung-jawab atas pembunuhan General Kelly Kwalik. Tetapi Jakarta perlu camkan bahwa  penggunakan kekerasan tidak akan pernah menyelesaikan persoalan di Papua Barat. Oleh karena itu, kami mengajakan Pemerintah SBY agar mendorong perundingan damai sebagai salah satu jalan terbaik untuk menyelesailkan personal-persoalan yang berkelanjutan di Papua Barat.

Dibayangi oleh rasa takut dan kehilangan kepercayaan diri sendiri, tentara pendudukan dalam rencana rahasianya, berusaha membunuh siapa  saja orang Papua yang secara aktif mendorong dialog damai. Pembunuhan terhadap Jenderal Umeki Keletus Kwalik adalah salah satu contoh yang jelas. Kami serukan kepada semua promotor dialog damai harus selalu berwaspada kepada setiap tindakan kriminal yang sedang dan akan dilakukan oleh musuh-musuh kita. Kami juga mendesak kepada semua pihak agar segera mencari dan menangkap kriminal-kriminal yang terlibat langsung dalam pembunuhan ini guna meminta pertanggung-jawabnya. Para kriminal ini harus dihukum sesuai dengan peraturan revolusi yang sedang berlaku.

Baru-baru ini tersebar kabar angin bahwa West Papua National Coalition for Liberation and National Otoritas harus bertanggung jawab atas kematian Alm. Tetapi di sana tidak ada bukti-bukti yang jelas bahwa Jenderal Kelly Kwalik pernah dihina  dan dibunuh oleh kawan-kawan seperjuangannya dalam tubuh Koalisi. Kami secara keras mengutuk tuduhan yang tidak beralasan tersebut. dan prakasa dialog damai tidak akan hilang atau menurun, malahan sebaliknya. Kami mengajak kepada seluruh rakyat Papua Barat agar tidak mudah terpengaruh dengan tuduhan-tuduhan yang tidak beralasan kuat yang sifatnya hanya untuk merusakan persatuan nasional dan perundingan damai.

Ada tuduhan-tuduhan tersebar belakangan ini bahwa West Papua National Koalisi untuk Pembebasan dan Otoritas bertanggung-jawab atas  pembunuhan Kelly Kwalik. Kami dengan tegas menyatakan bahwa tunduhan tersebut tidak beralasan atau bohong belaka. Kami menentang keras atas tuduhan itu karena cara demikian adalah hanya provokoasi musuh untuk menghancurkan persatuan dan kesatuan bangsa Papua barat serta perundingan damai.

WPNCL mempunyai satu kebijakan untuk mendorong kedepan perundingan damai yang mana merupakan salah satu dari strategi-strategi Koalisi.  Kami menyambut setiap prakarsa-prakarsa perundingan damai yang dipromosikan oleh pecinta damai di Papua Barat dan Indonesia. Kami mengajak seluruh rakyat bangsa Papua Barat untuk mendukung penuh prakarsa-prakarsa perundingan damai ini. Mari datang and bergabung dengan kami untuk mensukseskan perundingan damai.

Perdamaian akan menang!!! Penidasan di Akhiri dan Pembebasan di Majukan in West Papua

0 komentar: