Selasa, 23 Maret 2010

SOLPAP: Tak Ada Pelecehan dalam Karikatur Bas Suebu


SOLPAP: TAK ADA PELECEHAN DALAM KARIKATUR SUEBUPDFPrintE-mail
Written by Administrator   
Monday, 22 March 2010 16:18
JUBI --- Koordinator Solidaritas Pedagang Asli Papua, Robert Djitmau mengatakan, pernyataan pemerintah Papua atas karikatur Gubernur Barnabas Suebu yang dianggap melecehkan adalah tidak berdasar. Djitmau menyebutnya sebagai sesuatu yang tanpa harapan jika terus dipolemikkan.

Karikatur itu mengilustrasikan Suebu sementara berdiri dan menunjuk mulutnya sebagai ’Surat Keputusan’ pembangunan pasar.

Pemerintah Papua mengecam karikatur ”mulutku adalah SK’ dan layak dibawa dalam proses hukum.

”Kami gambarkan demikian karena memang janji gubernur seperti itu,” kata Djitmau, Senin.

Djitmau mengatakan, pernyataan pemerintah Papua telah menambah buruknya mereka karena tak pernah memberikan kebebasan pada rakyat untuk berekspresi.

”Saya rasa karikatur ini biasa-biasa saja. Tidak ada unsur penghinaan didalamnya. Namun pada dasarnya itu hanya mengingatkan Gubernur mengenai janjinya yang disampaikan pada 14 September 2009 lalu,” kata Djitmau.

Setelah lama diperdebatkan, karikatur tersebut belakangan hilang. Diduga dicopot oleh orang tak dikenal. “Kita akan lapor Polisi jika ditemukan pelakunya,” ujarnya.

Karikatur Suebu juga mendapat ‘sambutan hangat’ disitus jejaring sosial Facebook. Facebooker menilai, karikatur Suebu merupakan kritikan pedas pada pemerintah. Seharusnya dengan kritikan itu, pemerintah bisa secepatnya membangun pasar. (Musa Abubar) 

0 komentar: